Senin, 10 Januari 2011

MAKALAH MENGENAL WEB BROWSER


MAKALAH
MENGENAL WEB BROWSER
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Pengenalan Komputer dan Internet
Dosen pengampu : Taqyudin Subkhi, S.Ag, M.Ag










Penyusun : Kelompok 6
1.      Badrus Soleh
2.      Fajriani Dwi Julianti
3.      Siti Yasiroh
4.      Uswatun Tarbiyah
5.      Oki Brianto
6.      Widiastomo
7.      Mesdi



PROGRAM STRATA SATU (S.1)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUFYAN TSAURI
STAIS MAJENANG
2010




KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah swt  Tuhan semesta alam yang telah melimpahkan berbagai macam kenikmatan kepada kita semua, shalawat dan salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada baginda Rosululloh saw sang pembawa kebenaran sehingga kita bisa menikmati manisnya iman dan islam dan mudah-mudahan kita termasuk ummat yang mendapatkan syafaatnya dihari kiamat nanti, amin.
            Ucapan  banyak terimakasih kepada Bapak Taqyudin Subkhi, S.Ag., M.Ag  selaku dosen pengampu mata kuliah Pengenalan Komputer dan Internet yang telah membimbing Penyusun sehingga dalam pembuatan makalah ini Penyusun tidak terlalu banyak menemukan kesulitan juga kepada teman mahasiswa serta seluruh pihak yang telah membantu demi terselesaikannya makalah ini.
Makalah yang akan kami bahas disini dengan judul “Mengenal Web Browser” akan mengupas sepintas tentang sejarah singkat web browser, pengertian Web Browser, macam-macam web browser, dan cara mengunakan web browser. Dalam penyusunan makalah ini Penyusun mengambil dari buku yang relevan, media cetak seperti surat kabar dan majalah serta media elektronik seperti internet.
            Penyusun menyadari betul dalam penyusunan makalah ini masih banyak yang harus diperbaiki, maka dari itu Penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membantu guna perbaikan dimasa mendatang. Penyusun berharap semoga makalah ini ada manfaatnya dikemudian hari, amin.
Majenang, 8 Januari  2011
Penyusun,


BAB 1
PENDAHULUAN

 

Internet saat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun banyak yang latah dan naif dalam istilah-istilah yang digunakan dalam internet. Namun hal itu tidak menjadi penting (bagi pengguna awam), yang penting bisa ngenet, browsing, FB, Twit, ngegame ataupun berbisnis. Ada baiknya kita mengetahui sedikit demi sedikit istilah yang digunakan internet. Salah satunya WEB BROWSER. Dalam menterjemahkan istilah ini belum ada yang baku namun mengkristal pada pengertian yang sama.



BAB II
PEMBAHASAN

A.     SEJARAH SINGKAT
Penjelajah web pertama kali berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Penjelajah web tersebut dinamai Mosaic.
Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Alief Falahuddin, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic
Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial.
Microsoft, yang terlambat turun di pasar penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer

B.     PENGERTIAN WEB BROWSER

Penjelajah web (Inggris: web browser), disebut juga peramban, Web Browser dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Browser merupakan program yang dirancang untuk menampilkan informasi dari sebuah server komputer pada jaringan internet.
Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web
Teks dan image pada halaman web dapat berisi hyperlink ke halaman web lain pada website yang sama maupun berbeda. Dengan web browser, seorang pengguna bisa mengakses informasi yang disediakan pada banyak website secara cepat dan mudah. Meskipun browser pada umumnya digunakan untuk mengakses World Wide Web, browser juga bisa digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan web server pada jaringan privat atau ini pada sistem file.
Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.

C.     FITUR WEB DAN PENJELAJAH WEB
Penjelajah web bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Browser modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya perang penjelajah web, fitur-fitur Web dan penjelajah web semakin cepat dikembangkan. Berikut daftar beberapa elemen dan fitur-fitur tersebut:

1.      Elemen Web Browser Hyperlinks:
merupakan elemen navigasi yang paling dasar di Web browser.  Link merupakan suatu teks yang akan membawa Anda ke halaman Web lain (atau tempat lain dalam halaman Web ),  ketika anda klik di atasnya. Link biasanya dibedakan dari sekitar teks dengan warna yang berbeda dan bergaris bawah.
Link yang telah dikunjungi sebelum anda, biasanya akan memiliki warna yang berbeda untuk orang-orang yang belum berkunjung setelah Anda. Anda dapat menentukan standar Tampilan link di browser Anda "preferensi". Beberapa halaman akan tetap tampilan standar, tetapi lain tempat dapat ditentukan sendiri warna link.
Link mungkin juga dalam bentuk foto. Tidak ada panduan yang jelas untuk menentukan apakah gambar adalah link (kadang-kadang ada garis pembatas biru di sekitar gambar). Sebagian besar situs Web yang baik akan membuat pengunjung melihat gambar dan tertarik untuk diklik.
Bila Anda memindahkan kursor di atas link, bentuk kursor biasanya akan berubah menjadi icon tangan.  Jalankan kursor Anda diatas link dan Anda akan melihat kursor berubah menjadi icon tangan dan status bar akan menunjukkan alamat URL.

2.      Location/Address Box:
Cara lain untuk mendapatkan alamat situs Web adalah menulis URL di dalam kotak lokasi / alamat Untuk melakukan hal ini Anda harus tahu URL.  Anda dapat mendapatkannya dari sumber eksternal (misalnya iklan, artikel di majalah, buku) - atau Anda dapat menyalin dan menyisipkannya dari tempat di komputer Anda (misalnya email). Jika menulis URL di web browser Anda harus pastikan bahwa yang Anda ketik sama persis seperti yang tertulis. Satu kesalahan kecil (seperti menggunakan salah titik) maka web browser tidak akan dapat menemukan halaman yang Anda inginkan. Setelah Anda mengetik (atau menyisipkan) URL, Anda perlu menekan tombol "Enter" untuk proses web browser menuju ke alamat URL tersebut.

3.      Back Button:
Tombol Kembali: tombol navigasi ini adalah sebuah alat. Ini akan membawa Anda kembali ke halaman terakhir Anda membuka situs web.

4.      Go Menu:
Buka menu yang adalah seperti tombol kembali, tetapi memiliki daftar dari semua halaman yang telah dikunjungi. Anda dapat menggunakannya untuk kembali ke halaman yang telah dikunjungi sebelumnya. Ia membawa Anda harus berulang kali tekan tombol kembali. Di Netscape, menggunakan "Buka" menu pada menu bar. Di Internet Explorer pada menu adalah tanda panah bawah di samping tombol Back.

5.      Bookmarks/Favorites:
Bookmarks / Favorit: adalah tempat untuk menyimpan alamat situs web - sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan halaman situs web yang Anda sukai dengan cepat. Untuk menetapkan satu penanda di Netscape, pilih "Tambahkan Bookmark" dari "Penunjuk" menu. Di Internet Explorer penanda disebut "Favorit" - pilih "Tambahkan ke favorit" dari "Favorit" menu. Bila Anda ingin kembali ke halaman situs web kesukaan Anda, tinggal klik di bookmark,

6.      Images:
Gambar membuat halaman Web terlihat menarik, tetapi gambar juga yang membuat beberapa halaman Web memakan waktu yang lama untuk loading. Jika anda menggunakan koneksi yang lambat Anda mungkin tidak ingin buang waktu anda dengan mendownload banyak gambar. Anda perlu menonaktifkan "Auto Load Images" atau "Tampilkan Gambar" di browser Anda melalui 'preferensi / pilihan. Jika Anda melakukannya Anda akan segera mengetahui bahwa Anda kehilangan banyak informasi yang ditampilkan oleh gambar tersebut. Jika Anda memutuskan apakah Anda ingin melihat gambar tertentu, Anda dapat memuat dengan mengklik tombol mouse sebelah kanan (kanan) di tempat gambar, dan memilih "Load Image" atau "Tampilkan Gambar" dari menu pop up. Anda dapat menyimpan gambar ke komputer Anda (tapi ingat tentang undang-undang hak cipta!) Dengan mengklik kanan (atau klik terus di mac) pada gambar Anda ingin menyimpan dan memilih "Simpan Gambar Sebagai ..." or "Save Picture As" dari menu pop up.

7.      Home Button:
Home tombol (tombol di bar di bagian atas browser) akan membawa Anda kembali ke "rumah" halaman situs web . Anda dapat menentukan homepage Anda di halaman preferensi web browser Anda (atau "Internet Options").  Anda dapat membuat homepage apapun yang Anda inginkan - ini yang paling berguna jika Anda menjadikannya sebagai halaman yang Anda sering digunakan sebagai titik awal - Online misalnya.

8.      Reload:
Tombol Reload tombol yang akan memuat lagi dari seluruh halaman situs Web. Hal ini berguna jika:
  • Bagian halaman yang hilang karena sesuatu terjadi saat ia sedang dimuat;
  • Anda akan mencari halaman web yang isinya sering berubah dan Anda ingin melihat konten baru.
9.      New Browser Window:
Dengan memilih "New Web Browser" atau "... New Window" dari "File" menu Anda dapat membuka jendela web browser baru. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyimpan satu halaman utuh saat Anda keluar dan menemukan halaman lain. Misalnya Anda mungkin ingin menyimpan sebuah halaman hasil pencarian di satu jendela web browser saat Anda menggunakan jendela lain untuk memeriksa hasil halaman. Jika Anda memutuskan halaman tidak cukup dari apa yang Anda inginkan, Anda dapat menutup jendela browser dan kembali ke daftar hasil pencarian tanpa harus kembali ke semula (cara yang baik yang dapat dilakukan adalah 'klik kanan' atau 'klik link’ dan memilih "Buka Link di New Window" dari menu popup).

D.    JENIS BROWSER WEB MENURUT PASAR/MEREK
Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/ Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, Opera, Mozilla Firefox, SeaMonkey Flock, dan lain-lain.
Penyusun sendiri cenderung menggunakan Firefox karena sangat banyak plugins yang bermanfaat, di samping kecepatan yang sangat baik dalam melakukan browsing. Untuk member Masterbiznet.com, software Firefox ini telah disediakan gratis pada paket CD anda.
Namun selain fierfox Microsoft Internet Explorerjuga merupakan browser paling populer dan telah tersedia pada setiap komputer Windows, tanpa harus menginstallnya secara terpisah.
Microsoft Internet Explorer
Gambar 1 : Tampilan Internet Explorer (klik untuk memperbesar)
  1. Title Bar: Menampilkan nama atau judul halaman website yang sedang dibuka pada browser
  2. Menu Bar: Untuk mengakses fungsi-fungsi browser, seperti menyimpan dan mencetak halaman, atau melihat source code-nya.
  3. Tool Bar: Terdapat beberapa tombol utama yang paling sering digunakan dalam melakukan browsing:
    • Back — kembali ke halaman sebelumnya
    • Forward — menuju ke halaman berikutnya
    • Stop — membatalkan browsing
    • Refresh — mengulang kembali browsing yang gagal dengan alamat yang sama
    • Home — kembali ke tampilan pertama
  4. Address Bar: Tempat anda mengetikkan alamat sebuah website yang ingin diakses. Misalnya: http://masterbiznet.com

E.     MOZILLA FIREFOX
Mozilla Firefox adalah web browser bersifat open source yang dikembangkan oleh perusahaan Mozilla, yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar pengguna Internet, karena merupakan salah satu browser web yang paling banyak digunakan saat ini. Dilihat dari update yang selalu rutin diberikan, membuat aplikasi ini sangat stabil dengan banyak fitur yang sebagian besar bertujuan membantu kerja anda dan memberi kenyamanan dalam berselancar, itulah sebabnya banyak orang memilih Firefox dengan jumlah yang mengejutkan dibanding web browser modern yang ada saat ini.
Namun diluar kecanggihan fitur-fitur baru yang dimiliki Mozilla Firefox, penulis ingin membahas salah satu fitur sederhana Mozilla Firefox yang juga dimiliki oleh sebagian besar browser lain yaitu bookmarks. Bookmarks pada Mozilla Firefox memungkinkan import bookmark dari Microsoft Internet Explorer atau dari file HTML. Bookmarks (favorites) adalah proses penyimpanan link website tertentu yang merupakan website pilihan sehingga dapat dengan mudah diakses ketika pengguna ingin kembali mengaksesnya di kemudian hari. Saat ini, konsep bookmark terus dikembangkan untuk lebih mempermudah pengguna dan juga interaksi dengan browser lain. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika akan menggunakan fasilitas bookmark. Tentunya, sebelumnya kita harus memiliki web browser Mozilla Firefox yang sudah terinstall.
  • Buka browser Firefox baik dari desktop atau dari menu start.
  • Klik pada 'Bookmarks', yang dapat ditemukan di menu utama browser.
  • Klik pada 'Organize Bookmarks' atau tekan tombol ctrl+Shift+B, kemudian muncul halaman utama bookmarks, disitu kita dapat menemukan beberapa item data jika kita sudah pernah mem-bookmarks suatu halaman web.
  • Pilih Import and Backup jika kita akan mem-bookmarks dari file atau dari Internet Explorer.
Jika kita memilih Import dari Internet Explorer maka semua data-data yang sudah tercatat dalam Internet Explorer akan diimport kedalam Mozilla Firefox. Semoga artikel sederhana ini dapat memberikan sedikit pengetahuan bagi para pengunjung


F.      SURFING
Surfing merupakan istilah umum yang digunakan untuk aktivitas menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang ditata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam. Karena itu para netter harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses, karena bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas.
Untuk mulai melakukan browsing, jalankan Internet Explorer dari komputer anda. Klik Start Menu > All Programs > Internet Explorer. Anda juga bisa mencari icon Internet Explorer pada desktop atau Quick Launch. Setelah itu ketikkan alamat website yang ingin diakses –pada Address Bar– lalu tekan Enter. Misalnya: www.detik.com. Tunggu beberapa saat sampai seluruh halaman selesai ditampilkan (loading). Waktu loading ini tergantung pada spesifikasi komputer dan kecepatan akses internet anda.

G.     MENYIMPAN HALAMAN SEBUAH WEBSITE
Jika anda ingin menyimpan halaman website yang sedang anda kunjungi, cukup dengan mengklik Menu File > Save as. Lalu pilih folder untuk menyimpan file tersebut. Nantinya anda bisa membaca kembali halaman tersebut di mana dan kapan saja, tanpa harus tersambung ke internet (working offline).
Bila ingin menyimpan gambar saja, klik kanan pada gambar dan pilih Save Picture As. Anda juga bisa melihat source code sebuah halaman. Caranya klik kanan pada halaman tersebut, lalu pilih View Source. Anda akan mendapatkan sebuah file teks (.txt) berisi kode-kode program web.
Nah, sekarang anda sudah melihat fungsi-fungsi dasar sebuah browser. Jika anda mulai keranjingan browsing, anda membutuhkan lebih dari 1 jendela program Internet Explorer agar dapat mengunjungi banyak halaman website secara bersamaan. Caranya, klik File > New > Window (CTRL+N). Pada Internet Explorer versi baru (versi 6.0 ke atas) –dan juga pada browser-browser lainnya– anda dapat membuka halaman lain pada satu jendela. Ini memungkinkan dengan ditambahkannya fitur “Tabbing”. Untuk melakukanya klik File > New > Tab.

H.     LOGO / IKON BEBERAPA WEB BROWESER
Gambar 1 : Tampilan ikon beberapa web broweser


BAB III
KESIMPULAN

Web Browser adalah Dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar